untuk apa 24 JAM-mu itu?

5 Des 2009 2 komentar

Dia seorang bapak-bapak yang umurnya sudah 60-an. Dia seorang cina. Tapi tak memandang sedikitpun tentang ras dan agama. Bahkan dengan orang berjilbab seperti aku. Aku panggil dia Pak Djohan. Kagum ku muncul untuknya. Dia bilang, "kamu tak anggep kayak anaku sendiri ya, soalnya anakku yang bungsu umurnya sama kayak kamu". Terharu ku muncul juga buat dia. Aku sudah anggap dia kayak ayahku sendiri. Dia guru les keyboardku. Aku simpatik sangat. Dia orang yang gak pernah nyerah sama sesuatu. Dia gak cuma ngajarkan tentang musik. Tapi juga segala teori kehidupan. Sampai pada satu pertemuan, muncullah sebuah percakapan.

pak djo : menurutmu kamu dikasih 24 jam tuh kurang gak?

osa : waaahhh.kurang pak. hehe. kenapa pak?

pak djo : kenapa kok kamu ngerasa kurang? menurutku itu sudah buwanyak banget lo

osa : lo, kok bisa pak. kenapa?

pak djo : kita sama-sama punya keyakinan. kita sama-sama punya TUHAN. TUHAN kita ngasih kita 24 jam itu sudah sangat baik sekali. pernah gak kamu ngerasa TUHAN itu sudah baik sekali sama kita? DIA baik banget loh. sekarang coba pikirin, kamu dikasih 24 jam itu untuk apa aja?

osa : mmmmmm. apa aja ya pak?

pak djo : yah paling 4 jam untuk kuliah, itu pun murni untuk kuliah? paling yang murni untuk kuliah dan serius cuma setengah jam. ya toh? hayo ngakuu..... trus mungkin 8 jam untuk tidur malem sama tidur siang, trus jalan-jalan sama temen 2 ato 4 jam, ngenet mungkin 3 jam, trus mungkin pacaran 2 jam, sisanya mungkin garap tugas tapi kamu yakin kamu bener-bener garap tugas? paling kamu sambil ngapa-ngapain gitu kan? sekarang hitung. ada berapa jam yang kamu gunain untuk hal yang bener2 bermanfaat?

osa : waaaahhhhhh.

pak djo : ini kalo saya ya. saya tidur sehari cuma 2 jam. trs dari jam 6 pagi saya berangkat ngelesi sampek jam 9 malem. karena murid saya sehari ada 14 orang. pulang itu saya gak langsung tidur. masih sempet makan malem dulu sama nulis lagu sampek jam 1 malem baru saya tidur trus bangun jam 3 pagi, cek list pemasukan pengeluaran toko elektronik saya, sampek kira-kira mungkin jam 5 an. baru saya mandi trus sarapan dan siap-siap berangkat ngelesi. gitu.

osa : waaaaaahhhhh, pak djohan suwangar.

pak : saya kayak gini karna saya tau kalo 24 jam itu banyak banget. saya gak pengen 24 jam saya terbuang sia-sia. soalnya saya gak pernah tau 24 jam saya itu bisa bertahan sampe kapan. bisa aja saya besok sudah mati. ya toh? saya selalu berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat setiap jam nya. karena saya merasa TUHAN saya baik sekali sudah ngasih 24 jam. itu sudah merupakan sebuah kesempatan besar buat saya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. setelah kamu menghargai waktu, kamu akan banyak belajar dari situ. kamu bisa jadi orang yang ontime, kamu menghargai janji sama orang, kamu menghargai uang hasil jerih payahmu dalam 24 jam itu, kamu menghargai hasil karya orang yang sudah dihasilkan dalam beberapa jam di dalam 24 jam itu, kamu akan menghargai kuliah kamu, dan masih banyak hal yang bisa kamu pelajari dari 24 jam itu, yang jelas kamu pasti akan lebih menyayangi TUHAN-mu. makanya gunain 24 jam mu itu untuk hal-hal yang bermanfaat. supaya kamu bisa ngerasain betapa sayangnya TUHANmu sama kamu.

osa : ya Allah paaaaakkkk. iyaaaa, osa selama ini berjam-jam ngenet dan itu sia-sia yaa. :(

pak djo : yawes, mulai sekarang belajar menghargai waktu. kamu sudah dewasa, sudah waktunya kamu bisa  lebih menghargai waktu. kamu bakal jadi orang yang paling keren kalo kamu bisa menghargai waktu. percaya sama saya. :)

2 komentar:

  • tata perdana mengatakan...

    Emang kadang saya juga berpikir, 24 jam itu kurang. Tapi sampai suatu titik saya membaca suatu tulisan tentang no possesion dan saya menyelaminya. 24 jam itu berlebihan. Tuhan memang selalu berlebihan.

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Osa Kakandara | TNB